A. Pengamatan Muatan Listrik dan Gaya Listrik

17 Feb

PENGAMATAN 1 : Balon menarik potongan kertas kecil

I. Hypothesis :

II. Bahan :

  • Balon
  • Potongan kertas dalam ukuran sangat kecil
  • Kain wool, kain sutra dll

III. Langkah eksperimen :

  1. Digosokkan balon dengan salah satu kain. Kami meggunakan kain sutra
  2. Didekatkan  balon yang sudah digosok  tersebut ke potongan kecil kertas
  3. Amati yang terjadi

Hasil eksperimen yang didapat adalah bahan atau balon yang digosokkan pada kain sutra, pada permukaan balon yang di gosok tersebut ketika didekatkan pada potongan kertas, potongan kertas ditarik oleh balon dan melekat pada balon. Pada permukaan yang tidak digosok tidak menarik potongan kertas tersebut.dimana hal ini terjadi karena, balon yang telah digosokkan dengan kain sutra dalam satu arah memberinya muatan listrik statis, yang mengakibatkan pemisahan muatan serpihan kertas dan kemudian menarik serpihan serpihan kertas tersebut .pemberian muatan benda dengan cara meggosok bisa dijelaskan sebagai perpindahan electron.

IV. Pertanyaan yang dapat dibuat pada pengamatan 1 ini:

Kenapa pada bagian balon yang digosok dalam satu arah bisa menarik potongan kertas kecil??

Jawabannya : karena pada bagian balon yang digosokkan dalam satu arah tadi memiliki gaya yang mempengaruhinya yaitu gaya elastic gesekan dan pengaruh gaya medan listrik

Alasannya : karena balon yang digosokkan dalam satu arah dapat menghasilkan panas atau energy panas yang memungkinkan potongan kertas dapat ditarik balon.

VI. Pertanyaan yang timbul setelah eksperimen

1. Apa yang terjadi ketika balon digosok?

  • Ketika balon digosok terjadi panas karena adanya gaya elastic gesekan/ gaya listrik statis,dan pada balon bermuatan listrik, yang mengakibatkan pemisahan muatan dari kain sutra ke balon.

2. Apa yang terjadi pada potongan kertas kecil ketika didekati oleh balon yang bermuatan listrik? Jelaskan dan berikn alasan bagaimana hal tersebut dapat terjadi.

  • Ketika balon didekati potongan kertas yaitu saling tarik menarik,alasannya karena balon sudah menyimpan panas sehingga dapat menarik potongan-potongan kertas tersebut atau adanya energy potensial listrik dimana suatu muatan yang berada pada medan akan bergerak (pindah tempat) dan menghsilkan suatu usaha jadi potongan kertas tersebut tertarik atau melekat pada permukaan balon yang di gosok tadi.

3. Apakah menggosok balon dalam satu arah memberikan hasil yang berbeda dengan menggosokbalon dalam arah bolak balik berikan alasan berdasarkan pengamatanmu

  • Menggosok balon dalam satu arah dengan menggosokkan balon dalam arah bolak balik memberikan hasil yang berbeda karena pada bagian yang digosok secara bolak balik tidak mempengaruhi gaya elastis gesekan dan gaya listrik statis dan tidak terjadi tarik menarik antara balon dan potongan kertas

4. Apakah perbedaan yang dapat diamati pada proses muatan listrik dengan menggunakan bahan/ material penggosok yang berbeda?

  • Kami menggunakan bahan penggosok lain yaitu mistar yang kami gosok pada rambut, hasil yang didapat tidak jauh berbeda yaitu potongan kertas menempel pada permukaan mistar yang digosok.VII. Parameter lain untuk mendukung pengamatan awalDisini kami melakukan penggosokan pada balon dan material kain wool setelah dilakukan penggosokkan secara searah hasil yang didapat hampir sama dengan meggosokkan balon pada kain sutra karena memberikan gaya listrik yang samaVIII. Kesimpulan eksperimen

    Dari hasil eksperimen yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa balon yang di gosok pada kain dapat menarik potongan kertas, karena adanya

    • suatu muatan yang berada pada medan akan bergerak (pindah tempat) dan menghasilkan usaha.
    • Muatan itu tidak melayang tapi menempel pada partikel.
    • Gaya tidak memiliki oleh partikel, akan tetapi partikel dikenai gaya sehingga partikel menjadi objek dari usaha.
    • Usaha tidak memiliki partikel, tetapi yang bisa diimiliki partikel adalah energy.
    • Muatan yang berbeda jenis akan tarik menarik
    • Muatan yang sama jenis  akan tolak menolakPENGAMATAN II : air ditarik oleh bahan bermuatan listrikI. Hypothesis :

      II. Bahan :

      • Balon
      • Air mengalir (aliran kecil dari keran atau dari lubang botol plastik
      • Kain wool, kain sutra dll

      III. Langkah eksperimen :

      1. Buka keran air dan atur agar air mengalir kecil. Selain keran air dapat juga digunakan botol plastik berisi air dengan lubang kecil pada bagian tutupnya.
      2. Gosokkan balon dengan salah satu kain atau gosokkan pada rambutmu, gosokkan kain pada balon dilakukan dalam satu arah berulang-ulang
      3. Secara perlahan dekatkan balon yang sudah digosok tersebut ke air yang mengalir.
      4. Amati secara cermat apa yang terjadi.

      Hasil yang didapat setelah pengamatan dilakukan yang terjadi adalah setelah balon sudah digosok pada kain dan didekatkan pada air mengalir air membelok kearah balon yang sudah digosok
      IV, V.  Pertanyaan yang dapat dibuat setelah melakukan pengamatan
      1. Apa yang terjadi jika balon yang sudah digosokkan ke kain lalu didekatkan pada air mengalir??
      jawabannya adalah:  air akan membelok ke arah balon yang sudah digosok tadi hal ini dikarenakan balon sudah bermuatan listrik sehingga air yang mengalir tersebut dapat membelok kearah balon.

      2. mengapa setelah digosokkan pada kain balon dapat menjadi penghantar arus listrik??

      1. Jawabannya adalah : karena electron telah dipindahkan dari kain wool ke balon, sehingga kain woll bermuatan positif dan balon bermuatan negatif sehingga terdapat muatan listrik pada balon.

      VI.   Pertanyaan berdasarkan pengamatan (investigated questions)

      1.Mengapa aliran air dibelokkan kearah balon??

      • Karena balon sudah bermuatan listrik sehingga air dapat dibelokkan

      2. Gaya apa yang membelokkan aliran air tesebut ??

      • Gaya dapat membelokkan air tersebut adalah gaya tarik medan listrik

      3. Apakah aliran air yang besar dapat juga di belokkan??

      • Setelah kami melakukan percobaan dengan mengunakan aliran air yang lebih besar ternyata air tidak membelok pada balon, hal ini dikarenakan muatan listrik pada balon tidak sanggup membelokkan air yang terlalu besar dan karena aliran air lebih besar daripada daya hantar listrik pada balon.

      4. Selain balon dan sisir plastik, bahan atau material lain apakah yang dapat digunakan untuk membelokkan aliran air ??

      • Setelah kami melalukan percobaan ternyata mistar yang terbuat dari bahan plastik juga dapat membelokkan aliran air yang kecil tersebut

      5. Berdasarkan pengamatan, apakah ada perbedaan besar pembelokkan air oleh bahan/material yang berbeda ??

      • Berdasarkan pengamatan yang kami lakukan ada, perbedaan dimana pembelokkan air oleh bahan/ material berupa balon lebih besar daripada pembelokkan air yang terjadi pada bahan/material lain yaitu berupa mistar.

      6. Apa yang akan terjadi jika balon/sisir palstik,yang bermuatan mengalami basah??

      • Balon tidak lagi bermuatan listrik, sehingga balon tidak dapat lagi membelokkan air. Dan air mempunyai konduktor yang kurang baik dan energy yang timbul akibat gosokkan antara balon dengan kain akan diserap oleh air tersebut, sehingga tidak muncul gejala kelistrikansehingga air tidak dapat dibelokkan kearah balon.

      VII.  Diskusi dan pembahasan, kesimpulan eksperimen

      Balon yang sudah di gosokkan pada salah satu kain akan bermuatan listrik sehingga air dapat ditarik oleh balon,kemudian, dapat pula disimpulkan bahwa balon yang digosokkan pada kain akan memperoleh suatu sifat baruyang disebut kelistrikan, dan bahwa sifat listrik ini menyebabkan suatu interaksi yang jauh lebih kuat dari pada gravitasi, dan muatan menimbulkan gaya pada muatan, sehingga muatan tidak menimbulkan gaya pada muatan lain.

      PENGAMATAN III : Gaya tolak menolak dan tarik menarik antara dua balon – elektroskop balon.

      I. Hypothesis :

      II. Bahan :

      • Dua buah balon yang identik
      • Kain wool atau kain lainnya
      • Tali sebagai pengikat kedua balon
      • Semprotan air (ukuran kecil)

      III. Langkah eksperimen :

      1. Ditiup kedua balon sehingga kira kira berukuran sama dan ikatkan tali pada masing-masing balon tersebut.
      2. Dipegang kedua tali yang terikat balon tersebut dan mulai diamati.
      3. Digosokkan salah satu balon dengan kain wool atau kain lainnya, dan kemudian dekatkan dengan balon lainnya. Amati yang terjadi.
      4. Disemprotkan air ke balon pada saat pengamatan pada langkah 3 di atas.IV, V. Setelah  percobaan dilakukan dapat didapatkanlah pertanyaan sebagai berikut:
        1. Apa yang menyebabkan balon ketika disemprotkan air menempel atau saling tarik menarik ??
          jawabannya adalah : karena molekul-molekul air adalah polar, sehingga elektron-elektron pada balon dapat lepas ke udara karena ditarik menuju molekul-molekul positif air pada udara kering, listrik statis lebih mudah diperoleh karena udara berisi lebih sedikit, molekul-molekul yang dapat berpindah sedangkan pada udara lembab lebih sulit untuk membuat benda bermuatan tahan lama.
        2. Setelah salah satu balon digosok pada kain wool (searah) dan didekatkan dengan balon lain, apakah yang terjadi??
          jawbannya adalah : balon saling tolak menolak, hal ini disebabkan karena walaupun balon telah digosok pada kain wool muatan pada balon tersebut tetap sama sehingga menyebabkan balon tersebut salin tolak menolak
          VI. Pertanyaan berdasarkan pengamatan (investigated questions)

          1. Mengapa kedua balon saling tolak menolak setelah digosok ?
            >> berdasarkan pengamatan kedua balon saling tolak menolak setelah digosok Karena muatan pada balon sama.
          2. Mengapa kedua balon menyukai kembali setelah disemprotkan dengan air??
            >> karena air bersifat moment dipol yang menyebabkan air yang disemprotkan menimbulkan balon menyukai kembali.
          3. Bagaimana cara lain yang dapat dilakukan agar balon menyatu kembali?
            >> cara yang kami gunakan dengan cara kedua balon digosokkan pada kertas, kemudian didekat 1balon dengan balon lainnya yang terjadi balon menyatu kembali atau  saling tarik menarik

          VII. Pembahasan

          Pada pengamatan III dapat dilihat bahwa ketika balon digosokkan pada kain wool dan didekatkan maka balon akan tolak menolak, dan ketika balon disemprotkan air balon menyatu dan berdasarkan sumber bacaan karena air bersifat moment dipol sehingga balon dapat menyatu lagi

          VIII. Kesimpulan eksperimen

          Dari hasil pengamatan diatas dapat disimpulkan bahwa balon yang telah diisikan udara dan salah satu balon digosokkan kemudian didekatkan dan setelah diamati balon tersebut saling tolak menolak dan setelah didiskusikan hal itu terjadi karena muatan pada balon tersebut sama sehingga mengakibatkan balon tersebut tolak menolak dan setelah disemprotkan air balon tersebut kembali menyatu dan setelah didiskusikan kembali hal ini terjadi karena air bersifat moment dipol

          SUMBER BACAAN:

          Ø   Giancoli, douglas c. Fisika edisi ke lima,2001. Erlangga. Jakarta

          Ø   E.R. William,J.E. Faller, dan H.A. Hill,Phycs Rev. letters. Jl.26,hal 721 (1971)

          Ø   www.sifat air , diakses pada tanggal 11 februari 2012.

           

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: