PERISTIWA TERJADINYA PETIR DITINJAU DARI SEGI MUATAN LISTRIK

4 Mar

Petir adalah peristiwa alam yang sering terjadi dibumi, terjadinya seringkali mengikuti peristiwa hujan baik air maupun es.

Proses terjadinya petir yaitu akibat perpindahan muatan negative (elektron) menuju kemuatan positif (proton). Dimana pada umumnya, muatan listrik pada awan bersangkutan kemudian, akan menumpuk dibagian paling atas.dimana awan adalah listrik muatan negative, dibagian tengah adalah listrik bermuatan positif, sementara dibagian dasar adalah muatan listrik yang berbaur denagn muatan positif, pada bagian bawah inilah petir biasa berlontaran.

Disini terdapat dua teori yang mendasari proses terjadinya petir yaitu,:
a. proses ionisasi

Yaitu petir terjadi akibat terkumpulnya ion bebas bermuatan negatif dan positif diawan, ion listrik dihasilkan oleh gesekan antar awan dan juga kejadian ionisasi yang disebabkan oleh perubahan bentuk air mulai dari cair menjadi gas atau sebaliknya, bahkan padat (es) menjadi cair.
ion bebas menempati awan dan bergerak menngikuti angin yang berhembus, bila awan awan terkumpul di suatu tempat maka awan bermuatan akan memiliki beda potensial yang cukup untuk menyambar permukaan bumi, inilah yang disebut petir.

b. gesekan antar awan

pada awalnya awan bergerak mengikuti arah angin, selama proses bergeraknya mengikuti arah angin, selama proses bergeraknya awan ini maka saling begesekan satu sama lain, proses ini terlahir elektron elektron bebas yang memenuhi permukaan awan.
pada suatu saat awan ini akan terkumpul disebuah kawasan, saat inilah petir dimungkinkan terjadi karena elektron elektron bebas ini saling menguatkan satu dengan lainnya, sehingga memiliki cukup beda potensial untuk menggambar permuakaan bumi.

Fungsi penangkal petir

penangkal petir pada awalnya dikembangkan oleh Benjamin franklin, yaitu rangkaian jalur yang difungsikan sebagai jalan bagi petir menuju kepermukaan bumi, tanpa merusak benda benda yang dilewatinya. Fungsinya adalah untuk menyediakan jalan resistansi rendah ketanah didaerah yang memiliki kemungkinan untuk menerima pemogokkan dan kemungkinan ini muncul dari kekutan medan listrik yang dihasilkan oleh awan.

Secara singkat dapat diambil kesimpulan,petir terjadi karena ada perbedaan potensial antara awan dan bumi atau dengan awan lainnya
Proses terjadinya muatan pada awan karena dia bergerak terus menerus secara teratur, dan selama pergerakannya dia akan berinteraksi dengan awan lainnya sehingga muatan negatif akan berkumpul pada salah satu sisi (atas atau bawah), sedangkan muatan positif berkumpul pada sisi sebaliknya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: