A. Pengamatan Muatan Listrik dan Gaya Listrik

16 Feb

PENGAMATAN 1 : Balon menarik potongan kertas kecil

I. Hypothesis :

II. Bahan :

  • Balon
  • Potongan kertas dalam ukuran sangat kecil
  • Kain wool, kain sutra dll

III. Langkah eksperimen :

  1. Digosokkan balon dengan salah satu kain. Kami meggunakan kain sutra
  2. Didekatkan  balon yang sudah digosok  tersebut ke potongan kecil kertas
  3. Amati yang terjadiHasil eksperimen yang didapat adalah bahan atau balon yang digosokkan pada kain sutra, pada permukaan balon yang di gosok tersebut ketika didekatkan pada potongan kertas, potongan kertas ditarik oleh balon dan melekat pada balon. Pada permukaan yang tidak digosok tidak menarik potongan kertas tersebut.dimana hal ini terjadi karena, balon yang telah digosokkan dengan kain sutra dalam satu arah memberinya muatan listrik statis, yang mengakibatkan pemisahan muatan serpihan kertas dan kemudian menarik serpihan serpihan kertas tersebut .pemberian muatan benda dengan cara meggosok bisa dijelaskan sebagai perpindahan electron.

    IV. Pertanyaan yang dapat dibuat pada pengamatan 1 ini:

    Kenapa pada bagian balon yang digosok dalam satu arah bisa menarik potongan kertas kecil??

    Jawabannya : karena pada bagian balon yang digosokkan dalam satu arah tadi memiliki gaya yang mempengaruhinya yaitu gaya elastic gesekan dan pengaruh gaya medan listrik

    Alasannya : karena balon yang digosokkan dalam satu arah dapat menghasilkan panas atau energy panas yang memungkinkan potongan kertas dapat ditarik balon.

    VI. Pertanyaan yang timbul setelah eksperimen

  4. 1. Apa yang terjadi ketika balon digosok?
    • Ketika balon digosok terjadi panas karena adanya gaya elastic gesekan/ gaya listrik statis,dan pada balon bermuatan listrik, yang mengakibatkan pemisahan muatan dari kain sutra ke balon.

    2.Apa yang terjadi pada potongan kertas kecil ketika didekati oleh balon yang bermuatan listrik? Jelaskan dan berikn alasan bagaimana hal tersebut dapat terjadi.

    • Ketika balon didekati potongan kertas yaitu saling tarik menarik,alasannya karena balon sudah menyimpan panas sehingga dapat menarik potongan-potongan kertas tersebut atau adanya energy potensial listrik dimana suatu muatan yang berada pada medan akan bergerak (pindah tempat) dan menghsilkan suatu usaha jadi potongan kertas tersebut tertarik atau melekat pada permukaan balon yang di gosok tadi.

    3.Apakah menggosok balon dalam satu arah memberikan hasil yang berbeda dengan menggosokbalon dalam arah bolak balik berikan alasan berdasarkan pengamatanmu

    • Menggosok balon dalam satu arah dengan menggosokkan balon dalam arah bolak balik memberikan hasil yang berbeda karena pada bagian yang digosok secara bolak balik tidak mempengaruhi gaya elastis gesekan dan gaya listrik statis dan tidak terjadi tarik menarik antara balon dan potongan kertas

    4.Apakah perbedaan yang dapat diamati pada proses muatan listrik dengan menggunakan bahan/ material penggosok yang berbeda?

    • Kami menggunakan bahan penggosok lain yaitu mistar yang kami gosok pada rambut, hasil yang didapat tidak jauh berbeda yaitu potongan kertas menempel pada permukaan mistar yang digosok.

     

Tinggalkan komentar